Popular Posts
-
1.1 LATAR BELAKANG PT. Putra Tunas Megah merupakan perusahaan swasta yang menghasilkan produk berupa mesin-mesin yang diperluka...
-
Tugas, Wewenang dan Tanggung Jawab Project Manager Project manager adalah seorang yang diberikan tanggung jawab untuk memimpin tim pro...
-
PT. Putra Tunas Megah merupakan perusahaan swasta yang menghasilkan produk berupa mesin-mesin yang diperlukan pabrik kelapa sawit (PKS) s...
-
Hukuman dan imbalan, hal ini merupakan strategi manajerial yang semakin banyak digunakan. Beberapa factor yang berhubungan dengan pekerjaa...
-
rumah gadang-rumah khas minang Minangkabau atau yang lebih dikenal dengan Minang adalah salah sat...
-
Budaya organisasi pada hakikatnya merupakan pondasi suatu organisasi, jika pondasi yang dibuat tidak cukup kokoh, maka betapapun bagusnya ...
-
Keluarga ideal adalah keluarga berencana yaitu suami, istri, dan dua anak, tapi bagi saya, itu adalah ...
-
Ilmu sosial adalah ilmu yang mencakup segala aspek dalam kehidupan dimulai dari sifat individu, intera...
-
Manusia adalah individu atau makhluk ciptaan Tuhan yang indah, Tuhan menciptakan kita sedemikian rupa...
-
Harapan adalah suatu bentuk kepercayaan akan suatu hal kebaikan yang diinginkan yang akan terjadi pada masa yang akan datang. Pengertian h...
Top Links
Blog Archive
-
▼
2013
(29)
-
▼
November
(11)
- Contoh Format Surat Undangan Rapat
- Buka Lowongan Programmer Linux, Nokia Pertimbangka...
- Nerocam, Headset Canggih yang Bisa Merekam Video s...
- Fenomena Maraknya Sociality Network / Jejaring Sosial
- Pakai Google Glass saat Mengemudi, Wanita Amerika ...
- Pendiri Path Buka-Bukaan Soal Indonesia
- Jumlah Pesan Melalui Aplikasi Instant Messenger Ki...
- Pengguna Android & iOS Dilanda `Demam` Aplikasi Ka...
- CEO Baru BlackBerry: Kami Tak Akan Beralih ke Android
- Perbedaan Penulisan Tataran Ilmiah, Semi Ilmiah, d...
- Trojan Mulai Menyerang Keamanan pada Perangkat And...
-
▼
November
(11)
About Me
- vanny yolanda
- vanny | a mom | independent | democracy | wear Hijab | and builder of dreams
Categories
Followers
Persaingan berbagai
aplikasi instant messenger seperti WhatsApp, Line, KakaoTalk,
atau WeChat memang terlihat semakin memanas. Di Indonesia saja setidaknya tiga
nama terakhir dari daftar tadi sudah merilis iklan televisi untuk mempromosikan
produknya. Dengan berbagai upayanya, sejauh apa keberhasilan berbagai aplikasi instant messenger menggeser kedudukan layanan pesan teks
SMS?
Menurut sebuah laporan dari lembaga analisis Informa,
seperti dilansir oleh situs GigaOm, pada tahun 2012 lalu akhirnya jumlah pesan
yang dikirimkan melalui layanan instant messenger telah berhasil melampaui
jumlah pesan yang dikirimkan melalui SMS. Dengan angka 19 miliar pesan, untuk
pertama kalinya jumlah pesan SMS yang berjumlah 17,6 miliar berhasil dilampaui
oleh berbagai aplikasi instant messenger.
Angka-angka ini dihasilkan Informa melalui studi
terhadap enam aplikasi pesan: WhatsApp, BlackBerry Messenger, Viber, Nimbuzz,
iMessage, dan KakaoTalk. Pada akhir 2012 lalu, diperkirakan terdapat total
586,3 juta pengguna dari keenam aplikasi tersebut dengan rata-rata pengguna mengirimkan
32,6 pesan per hari. Secara kontras, pengguna SMS justru diperkirakan mencapai
angka 3,5 miliar pengguna, namun rata-rata hanya mengirimkan 5 pesan per hari.
Tentunya, angka-angka ini sangat mungkin berbeda
dengan kenyataan di lapangan. Hal ini utamanya mengingat beberapa aplikasi instant messenger yang cukup populer seperti
Facebook Messenger, Line, atau TenCent (aplikasi lokal yang sangat populer di
Cina) belum termasuk dalam perhitungan studi Informa tersebut.
Di umurnya
yang sudah menginjak 20 tahun pada 2012 lalu, nampaknya semakin nyata terlihat
bahwa SMS terus tergerus oleh berbagai aplikasi instant messenger yang
kebanyakan bahkan belum mencapai usia 5 tahun. Ditambah dengan faktor penetrasi
smartphone yang semakin cepat, tentunya menarik kita amati bagaimana
perkembangan SMS di tahun-tahun mendatang. Apakah masih akan sesuai dengan
salah satu prediksi ini? Kita simak saja
perkembangannya.
Tanggapan
Dengan berkembangnya
instant messenger menurut saya sangat membantu dalam menjalani hubungan berkomunikasi
terutama dalam hubungan jarak jauh, karena dapat lebih hemat dan lebih menarik
karena banyak terdapat sticker-sticker/emotion untuk menambah ekpsresi atau
keseruan dalam percakapan.
Tidak
heran banyak perusahan besar bersaing dalam mengeluarkan/merilis instant messenger
karena banyaknya peminat. Jika terjadi hal seperti ini, maka kembali ke
konsumen untuk dapat memilih dan menggunakannya sebijak mungkin, aplikasi mana
yang dapat mendukung kebutuhan kita sebagai konsumen.
Referensi
Labels:
Bahasa Indonesia
Jumlah Pesan Melalui Aplikasi Instant Messenger Kini Sudah Lampaui SMS
Persaingan berbagai
aplikasi instant messenger seperti WhatsApp, Line, KakaoTalk,
atau WeChat memang terlihat semakin memanas. Di Indonesia saja setidaknya tiga
nama terakhir dari daftar tadi sudah merilis iklan televisi untuk mempromosikan
produknya. Dengan berbagai upayanya, sejauh apa keberhasilan berbagai aplikasi instant messenger menggeser kedudukan layanan pesan teks
SMS?
Menurut sebuah laporan dari lembaga analisis Informa,
seperti dilansir oleh situs GigaOm, pada tahun 2012 lalu akhirnya jumlah pesan
yang dikirimkan melalui layanan instant messenger telah berhasil melampaui
jumlah pesan yang dikirimkan melalui SMS. Dengan angka 19 miliar pesan, untuk
pertama kalinya jumlah pesan SMS yang berjumlah 17,6 miliar berhasil dilampaui
oleh berbagai aplikasi instant messenger.
Angka-angka ini dihasilkan Informa melalui studi
terhadap enam aplikasi pesan: WhatsApp, BlackBerry Messenger, Viber, Nimbuzz,
iMessage, dan KakaoTalk. Pada akhir 2012 lalu, diperkirakan terdapat total
586,3 juta pengguna dari keenam aplikasi tersebut dengan rata-rata pengguna mengirimkan
32,6 pesan per hari. Secara kontras, pengguna SMS justru diperkirakan mencapai
angka 3,5 miliar pengguna, namun rata-rata hanya mengirimkan 5 pesan per hari.
Tentunya, angka-angka ini sangat mungkin berbeda
dengan kenyataan di lapangan. Hal ini utamanya mengingat beberapa aplikasi instant messenger yang cukup populer seperti
Facebook Messenger, Line, atau TenCent (aplikasi lokal yang sangat populer di
Cina) belum termasuk dalam perhitungan studi Informa tersebut.
Di umurnya
yang sudah menginjak 20 tahun pada 2012 lalu, nampaknya semakin nyata terlihat
bahwa SMS terus tergerus oleh berbagai aplikasi instant messenger yang
kebanyakan bahkan belum mencapai usia 5 tahun. Ditambah dengan faktor penetrasi
smartphone yang semakin cepat, tentunya menarik kita amati bagaimana
perkembangan SMS di tahun-tahun mendatang. Apakah masih akan sesuai dengan
salah satu prediksi ini? Kita simak saja
perkembangannya.
Tanggapan
Dengan berkembangnya
instant messenger menurut saya sangat membantu dalam menjalani hubungan berkomunikasi
terutama dalam hubungan jarak jauh, karena dapat lebih hemat dan lebih menarik
karena banyak terdapat sticker-sticker/emotion untuk menambah ekpsresi atau
keseruan dalam percakapan.
Tidak
heran banyak perusahan besar bersaing dalam mengeluarkan/merilis instant messenger
karena banyaknya peminat. Jika terjadi hal seperti ini, maka kembali ke
konsumen untuk dapat memilih dan menggunakannya sebijak mungkin, aplikasi mana
yang dapat mendukung kebutuhan kita sebagai konsumen.
Referensi
Langganan:
Posting Komentar (Atom)